Tambang di Jember Bukan untuk Dieksploitasi



DISKUSITAMBANG : H Muhamad Nur Purnamasidi tengah memberikan wejangan dihadapan puluhan mahasiswa dan aktivis lingkungan senin kemarin, (29/4).


Ajak mahasiswa terus mengawal isu-isu Tambang dan Agraria

JEMBER, 30/4/19 -  Maraknya aksi penolakan eksploitasi tambang oleh kalangan mahasiswa akhir-akhir ini menjadi perhatian serius oleh sejumlah kalangan. Salah satunya oleh anggota Komisi XI DPR-RI Muhamad Nur Purnamasidi.
Anggota dewan dapil Jember - Lumajang itu mengajak mahasiswa dan aktivis peduli lingkungan untuk terus mengawal isu-isu pertambangan dan agraria di Jember. Hal itu disampaikan kepada mahasiswa yang tergabung dalam acara Pelatihan Kader Lanjut (PKL) oleh PMII Cabang Jember.
Menurutnya, Jember merupakan daerah potensial untuk pertambangan. Sedangkan masyarakatnya hampir sebagian besar menolak keberadaan tambang karena dianggap merugikan masyarakat dan merusak lingkungan.
Besarnya kepercayaan masyarakat kepada mahasiswa dalam mengemban aspirasi rakyat masih cukup besar. Hal itu diakui Nur Purnamasidi sebagai salah satu kenyataan yang harus dijaga. “Kalau anggota dewan banyak diambil keuntungan materil saja oleh masyarakat. Itu salah satu problem akut ditengah masyarakat mulai dulu,” ujarnya.
Selama menjadi anggota dewan, dia mengaku, telah banyak mengawal masalah kemaritiman dan kelautan dari pesisir selatan Jember dan Lumajang. “Masyarakat butuh didampingi dan dibela. Ketika menggantungkan harapan ke legislator mereka hanya memilih berapa rupiah yang masuk,” imbuh pria yang akrab disapa Bang Pur itu.
Komisi XI yang membidangi keuangan, perbankan dan perencanaan pembangunan diakuinya belum bisa mendapatkan kepercayaan seperti kepecayaan masyarakat kepada mahasiswa.
Karena itu, pihaknya terus mendorong para aktifis mahasiswa tetap konsisten mengawal isu-isu tambang dan agraria. Dia siap mendukung rencana-rencana pengawalan advokasi yang dilakukan oleh mahasiswa, untuk menghasilkan sebuah rekomendasi. “Apa yang kita advokasi adalah hasil kajian kita. Saya siap memfasilitasi untuk kajian, penelitian atau lokakarya," jelasnya.  (mg2)


Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember