Adu Gengsi Busana Khas Daerah



SEMARAK: Dua mahasiswi IAIN Jember tengah berpose. Mereka mengikuti iring-iringan karnaval di acara pagelaran budaya di kampus setempat.
Di Ajang Fashion Carnival IAIN Jember
KALIWATES, 26/4/19- Istilah pandhalungan memang memiliki ragam budaya yang berbeda-beda. Budaya yang terlahir dari berbagai daerah di Tapal Kuda itu yang coba diangkat oleh mahasiswa yang tergabung di organisasi kedaerahan (orda), di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jumat (26/4) kemarin.
Di ajang tersebut, mahasiswa berbagai daerah itu beradu gengsi dengan menampilkan kesenian yang berasal dari daerahnya masing-masing. Mereka unjuk kebolehan desain busana di pagelaran Fashion Carnaval yang diadakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) IAIN Jember. Busana yang ditampilkan juga beragam. Mulai dari tradisional, hingga busana khas pandhalungan.
Ketua Panitia sekaligus Penanggung Jawab Acara Muhammad An-Nizar Baihaqi mengatakan, acara tersebut diikuti sebanyak 10 orda. Mereka tak hanya berasal dari dari wilayah Tapal Kuda saja, tapi juga berasal dari luar Jawa. Semuanya ikut meramaikan acara yang diselenggarakan setahun sekali itu.
Menurut dia, di pagelaran karnaval ini, pihaknya ingin menunjukkan bahwa kebudayaan di sekitar Jember itu banyak sekali. Sehingga di momen ini, ada pesan yang ingin disampaikan ke masyarakat. “Bahwa tiap daerah memiliki khasanah lokal yang luar biasa," ujarnya.
Selain itu, Nizar juga mengharapkan, acara tersebut menjadi ajang bagi mahasiswa IAIN Jember untuk mengharumkan tanah kelahiran mereka. “Mereka berasal dari berbagai wilayah. Seperti Madura, Bali, Lamongan, Sidoarjo dan lain-lain," imbuhnya.
Selama ini, kata dia, belum ada forum atau simposium kebudayaan yang menampilkan kesenian berbagai daerah seperti yang diadakannya. Untuk itu, dia berharap, acara tersebut dapat memupuk rasa persaudaraan antar mahasiswa lintas daerah.
"Banyak manfaat dari agenda itu. Selain ajang pembuktian, harapan kami juga agar rasa kecintaan mahasiswa terhadap budaya daerahnya tetap terbangun dengan Fashion Carnaval ini," pungkasnya. (mg2)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember