Rekapitulasi Ditarget Tiga Hari Selesai


REKAP SUARA : Sejumlah petugas PPK tengah menyiapkan Rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi suarat suara di gudang logistik Kecamatan Kaliwates sabtu kemarin, (20/4/19).

KALIWATES - Panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kaliwates gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi surat suara di  TPS seluruh kecamatan. Langkah itu dilakukan setelah PPK menerima keseluruhan hasil C1 dari masing-masing kelurahan yang ada di Kaliwates.
Sejumlah pengawas dan saksi dari masing-masing partai juga dilibatkan dalam rapat yang bagi menjadi tiga panel tersebut. Diantaranya panel A untuk kelurahan Tegalbesar dan Sempusari, panel B untuk Kelurahan Kaliwates, Mangli dan Kebon Agung. Sedangkan panel C, untuk Jember Kidul dan Kepatihan.
Ketua PPK Kaliwates, Sholihul Amin mengatakan, pada proses pengumpulan form C1, sejumlah TPS memang sempat mengalami kendala. Kendala itu menurutnya terletak pada pada persoalan kelengkapan C1. “Rekapitulasi di KPPS itu susah. Sehingga harus valid sebelum dikirim ke PPK. Itu yang membuat terlambat dan memakan waktu lama,” tuturnya.
Kesulitan pada pemvalidan data itu menurut Amin, terletak pada tiga komponen C1 yang semuanya harus sama. “Jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih, jumlah suara yang digunakan dan jumlah suara sah dan tidak sah. Itu harus sama, kalau tidak, berarti rekap mereka salah,” jelasnya.
Amin menjelaskan, sebanyak  83.535 jumlah DPT di Kecamatan Kaliwates akan dijalankan rekapitulasi melalui dua tahapan. Pertama rekapitulasi tingkat kelurahan, setelah itu akan dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kecamatan. “Di tingkat kelurahan itu rekapitulasi berbasis TPS. Dan di kecamatan rekapitulasi berbasis kelurahan,” tutur Amin.
Selain itu, pihaknya juga mengharapkan proses rekapitulasi itu bisa selesai dan terlaksana tanpa adanya hambatan.  “Target kami tiga gari selesai. Tapi kalau selesai dua hari kami sangat bersyukur,” pungkasnya. (mg2)





Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember