HUT GPN Ajung



MANFAATKAN LIBURAN : Salah seorang siswi tengah unjuk kebolehan dalam membacakan puisi.

Isi Libur Sekolah dengan Gawai
AJUNG, 29/4/19 – Banyak cara yang bisa dilakukan oleh siswa-siswi sekolah dasar dalam mengisi waktu liburan sekolah mereka. Seperti yang dilakukan oleh anak-anak yang tergabung dalam Komunitas Gubuk Pustaka Ndalung (GPN). Mengisi waktu liburan kemarin, mereka memanfaatkan waktu dengan unjuk kebolehan dalam hal membaca puisi.
Meskipun hari libur baru dua hari, antusiasme anak-anak cukup tinggi. Ketua acara Abdul Adzim mengatakan, sekitar 25 anak turut ikut serta dalam lomba baca puisi itu.
Minat anak-anak itu menurut Adzim banyak yang muncul atas keinginannya sendiri. “Mereka kebanyakan anak-anak komunitas disini. Dan sebagian lagi adalah anak-anak sekolah dari luar desa ini,” ujarnya.
Dia sengaja mengadakan lomba itu, agar waktu liburan anak-anak didiknya bisa digunakan untuk hal-hal yang positif. Menurutnya, waktu liburan anak-anak diluar desanya itu sering dianggap kurang baik atau kurang mendidik. “Anak-anak disini banyak dari keluarga kurang mampu. Dengan mengajak mereka kumpul dengan teman sebayanya ini, mereka sudah sangat senang,” tutur Adzim.
Tidak hanya melibatkan anak-anak sebagai peserta lomba, namun sebagaian dari anak-anak diakuinya adalah panitia acara. Adzim sendiri sengaja mendesain acara yang tidak terlalu mewah. Bahkan, untuk setting panggung saja, dia hanya gunakan barang-barang perabotan rumah dan bahan-bahan dari para tetangganya.
Dengan acara kecil seperti itu, dia berharap bisa membangun budaya anak-anak agar lebih giat belajar namun tak lupa juga bermain dengan teman sebaayanya. “Dari pada mereka berm,ain sendiri dirumah dengan gadgetnya, itu sama sekali kurang mendidik. Makanya dengan acara seperti ini, bisa merekatkan hubungan sosial mereka,” pungkasnya.  (mg2)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember