Tahun Ajaran Baru tak Akan Menerima Siswa Lagi.


SEPI : Suasana SD Negeri Suci IV tanpa ada aktifitas pembelajaran

Sekolah Terancam ditutup
PANTI, 27/4/19 : Keberadaan sekolah di daerah terpencil memang banyak menyimpan segudang permasalahan. Mulai dari administrasi, sarana prasarana hingga fasilitas. Seperti yang terjadi di sebuah sekolah dasar di Desa Suci Kecamatan Panti, karena jumlah siswa kian hari semakin menurun, sekolah tersebut terancam tutup.
Hal itu dibenarkan oleh Suyono selaku Kepala Sekolah SDN Suci IV, menurutnya kondisi sekolah yang dialaminya itu sudah terjadi cukup lama. Sejak sekolah ambruk pada pertengahan 2016, jumlah siswa setiap ajaran barui semakin sepi peminat. "Selama ambruk itu, aktifitas pembelajaran sekolah dipindah ke musholla sekolah. Dan ketika ajaran baru, banyak dari wali murid yang memutuskan pindah dari sekolah itu," ujarnya.
Meskipun bangunan sekolah telah selesai direnovasi, Suyono mengaku banyak kendala lain yang turut mewarnai sekolah di daerah terpencil itu. "Lokasinya cukup dalam. Ketika hujan, perjalanan wali murid saat mengantarkan anaknya sering menjadi kendala," imbuh Suyono.
Sampai saat ini, jumlah siswa SD tersebut hanya menyisakan dua siswa kelas enam saja. "Kami kesulitan mempertahankan kondisi seperti ini. Pernah ngajukan untuk gabung dengan SD Suci II atau Suci III, namun proses yang saya tempuh sangat alot," imbuh guru 52 tahun itu.
Ketika pengajuan penggabungan sekolah, lanjut Suyono, dia telah mengajukan sampai tiga kali lebih. Padahal cara yang dilakukannya sudah dianggap prosedural. "Saya ngajukan ke UPT kecamatan, lalu juga ke pengawas. Ternyata masih dilempar suruh langsung ke Diknas. Setelah dari Diknas, pihak sana tidak bisa berbuat banyak. Karena itu menurutnya keputusan Bupati," tuturnya.
Dengan kondisi yang seperti itu, Suyono sangat menyayangkan kondisi bangunan yang cukup layak pasca renovasi namun tidak ada siswanya. Dia pun memutuskan tak akan menerima siswa di tahun ajaran baru nanti. "Saya kasihan para siswa, para guru yang sokowan dan donatur sekolah yang membiayai renovasi itu. Jika akhirnya keadaan sekolah ternyata harus ditutup karena tidak ada siswa," keluh Suyono kepada Radar Jember.  (mg2)


Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember