Rumah Jadi TPS Darurat



PINDAH TEMPAT : Petugas KPPS adakan penghitungan surat suara di rumah warga

Saat penghitungan Hujan lebat
BALUNG, 18/4/19 - Cuaca yang kurang mendukung saat proses penghitungan surat suara, memaksa sejumlah petugas KPPS harus kerja ekstra. Pasalnya, hujan yang cukup deras membuat sejumlah TPS di Kecamatan Balung harus banting setir mencari tempat yang aman untuk dilanjutkan penghitungan. Hal itu terjadi karena sejumlah tenda TPS tidak mampu menahan terjangan hujan.
Kejadian ini berlangsung sore kemarin sekitar pukul 15.00 WIB. Hujan deras disertai angin memang mengguyur sejumlah daerah di Jember. Termasuk di daerah Balung sehingga membuat sejumlah TPS pun kalang kabut. Untungnya, hujan terjadi saat penghitungan hasil pencoblosan, sehingga mereka pun langsung memindahkan sejumlah barang di TPS.
Meskipun sempat memakan waktu cukup lama, langkah tersebut menjadi wajib dilakukan oleh KPPS untuk menjaga surat suara dari hujan. Dari sekian TPS itu, ada beberapa diantaranya yang bocor dan dilanda banjir. Hal itu membuat TPS harus pindah, di mushola dan beberapa lainnya di rumah-rumah warga.
Halimir Rasyid, Salah seorang ketua TPS di Dusun Karuk Desa Tutul mengatakan, sejak siang, cuaca didaerahnya itu memang kurang bersahabat. “Mau gimana lagi, ini semua diluar yang kita rencanakan,” tuturnya. Kondisi tenda yang hanya memiliki penutup bagian atas diakui Halim cukup memprihatinkan.
“TPS kami sebenarnya hanya untuk berteduh saja. Kalau hujan melanda jelas akan banyak yang bocor. Itu yang membuat kami khawatir,” aku Halim. Menurutnya, tidak hanya TPS didaerahnya saja, di TPS lain juga mengalami kejadian yang serupa. Bahkan menurutnya ada yang lebih parah.
“Ada TPS yang beralaskan langsung tanah, ketika diterjang hujan, langsung banjir,” jelasnya. Sementara itu, Mat Ali, salah seorang yang rumahnya dijadikan TPS darurat mengaku, rumah miliknya itu tidak terlalu besar. Selain itu, dengan keadaan yang mendesak dan tiba, membuat Mat Ali tidak sempat menyiapkan ruang tamunya untuk digunakan oleh KPPS.
“Karena mendadak, jadi tempatnya lumayan berantakan. Dan lagi ruangan tidak terlalu luas,” pungkasnya. (mg2)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember