Ajak Mahasiswa Kenali Kasanah Lokal Jember


KENALKAN JEMBER : Dr Ilham Zoebazary M.SI saat berbicara di hadapan puluhan mahasiswa IAIN Jember dalam mengkampanyekan Jember sebagai Kota Pandalungan.

KALIWATES, 24/4/19 - Kebudayaan setiap daerah memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri. Hal itulah yang menjadi keyakinan pria kelahiran Kediri itu. Meskipun bukan asli orang Jember, Dia sangat antusias mengkampanyekan khasanah lokal Jember.
Hal itu disampaikan dirinya dalam kesempatan menghadiri pagelaran kebudayaan yang dilakukan oleh mahasiswa fakultas tarbiyah IAIN Jember. Dihadapan para mahasiswa, Ilham Zoebazary mengatakan, meskipun dirinya bukan asli kelahiran Jember, namun dia cukup lama tinggal dan menetap di Jember.
 Menurutnya, wilayah tapal banyak yang menyebutnya sebagai kawasan yang memiliki budaya pandhalungan, termasuk salah satunya di Jember."Setiap kebudayaan itu konstruktif, tidak ada budaya tumbuh secara alamiah," tuturnya.
Termasuk Jember sendiri, diakui Ilham memiliki khasanah lokal yang harus dikembangkan dan dilestarikan. Dia juga mengenalkan kebudayaan yang ada di Jember. "Ada musik patrol, ludruk, tari tembakau, seni Hadrah. Dan banyak lagi yang lainnya. Semuanya itu ada di Jember," imbuh dosen FIB Unej itu.
Dia juga meyakini, dengan mengenal dan melestarikan kebudayaan Pandhalungan Jember, akan turut membantu mengangkat nama Jember dikenal oleh masyarakat dalam skala luas. Bahkan menjadikan pandhalungan sebagai platform. "Pandhalungan merupakan suatu bangunan konseptual yang khas untuk memahami suatu masyarakat. Dapat menjadi acuan untuk pengembangan kebudayaan daerah," jelasnya.
Sementara itu, penanggung jawab Mohammad Annizar Baihaqi mengatakan, pagelaran tersebut diadakan untuk menjaga khasanah lokal tiap daerah. Menurutnya para mahasiswa yang mengikuti acara tersebut terdiri dari berbagai organisasi kedaerahan. Seperti ikatan mahasiswa Banyuwangi, Ikatan mahasiswa Situbondo dan lain-lain. "Kita ingin mahasiswa mampu melestarikan kebudayaan asli dari tanah kelahiran mereka. Ketika itu dipertunjukkan ke publik, semua orang bisa tau," tutur Ketua PMII Rayon Ftik IAIN Jember itu. (mg2)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember