Tak Ingin Kecewakan Masyarakat, Renovasi Puskesmas Dipercepat

FOTO : MAULANA AL-FATIH



Ngebut : Renovasi total puskesmas Desa Balung Kulon dikebut dua setengah bulan rampung.

BALUNG, 28/01/19 - Puskesmas Desa Balung Kulon Kecamatan Balung mulai beroperasi kemarin (29/1), setelah sebelumnya direnovasi yang memakan waktu dua setengah bulan. Hal ini dilakukan oleh pemerintah desa untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat akan pelayan kesehatan desa.

Menurut kepala Desa Balung Kulon, Samsul Hadi menjelaskan, Renovasi puskesmas yang dimulai pada awal bulan November 2018 memang sengaja ditarget selesai dalam waktu singkat, menurutnya, puskesmas menjadi salah satu bagian terpenting menyangkut keberlangsungan hidup masyarakat di desa tersebut.

“Kami setiap hari memantau perkembangan puskesmas, bahkan setiap malam kami suruh mereka lembur”, tutur Samsul. Dia juga menambahkan, renovasi puskesmas tersebut sengaja dipercepat, karena selama ini pelayanaan dipindah di kantor balai Desa Balung Kulon, dengan segala fasilitas yang masih terbatas.

Kepala Puskesmas Induk Kecamatan Balung, dr Rozania juga menambahkan, renovasi puskesmas di Desa Balung Kulon ada banyak komponen penting yang ditingkatkan dalam segi fasilitas, menurutnya, fasilitas di puskesmas Balung Kulon saat ini telah memiliki 2 ruangan pemeriksaan umum, satu ruang persalinan, satu ruangan untuk pemeriksaan gigi, dua kamar mandi, dan sebuah asrama beserta dapur untuk para pegawai puskesmas untuk melayani masyarakat selama 24 jam.

“Sebelum Puskesmas ini direnovasi, puskesmas hanya memiliki satu ruang pemeriksaan umum, kamar mandi juga satu, dan beberapa ruang khusus dokter dan perawat”, ucap dr Rozania ketika ditemui Radar Jember (28/1)

Lanjut dr Rozania, Selain penambahan dari segi fasilitas, dari dari segi pelayanan juga ditambahkan, “Saat ini puskesmas ini telah ada tambahan tenaga medis, dua dokter umum, dua bidan dan dua perawat umum”, tambah dr Rozania. (mg/maul)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember