Mahasiswa Inginkan Calon Rektor Sampaikan Visi Misi di Mimbar Terbuka


FOTO : MAULANA AL-FATIH
Ngotot : Puluhan mahasiswa melakukan aksi di depan gedung rektorat IAIN Jember sebagai bentuk kritik terhadap sistem penetapan calon rektor

JEMBER 01/02/19 - Aksi yang dimotori oleh beberapa mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tersebut, merupakan bentuk kritikan terhadap kampus karena dianggap telah membungkam asas demokrasi kampus. Aksi yang diisi dengan orasi dan bernyanyi tersebut juga dihadirkan sebuah mimbar sebagai bentuk tantangan kepada calon rektor.

Peserta aksi yang memakai identitas kaos serba putih tersebut, mulai bergerak pagi menyisir setiap fakultas yang ada di IAIN Jember. Arak-arakan peserta aksi terhenti di depan gedung rektorat kampus, ditempat tersebut, peserta aksi meyampaikan aspirasinya, meskipun belum ada pihak kampus yang menemui, aksi tetap berlangsung damai dan kondusif. (01/02)

Salah satu peserta aksi Zuhil, mengatakan, aksi tersebut sebagai upaya terakhir menyuarakan keinginan mahasiswa, setelah sebelumnya, kampus juga dihebohkan dengan aksi galang koin peduli kampus sebagai bentuk reaksi yang sama.

“Ini sudah langkah yang kesekian kalinya, Sebelumnya, salah satu sahabat kami juga pernah membuat tulisan yang juga sempat viral dikampus, namun kampus tidak juga merespon”, ucap Zuhil. 

Dia juga mengakui, menurutnya, selama proses penjaringan rektor sampai hari ini, tidak ada sebuah upaya dari kampus yang menjembatani aspirai mahasiswa didepan para calon pimpinan kampus. Lanjut dia, mahasiswa hanya ingin lebih dekat pimpinan mereka.

“Kami hanya ingin tau, seberapa jauh integritas dan kapasitas para calon tersebut, meskipun diputuskan dipusat, biarkan mahasiswa juga turut menilai, kalau mereka tidak diuji melalui mimbar terbuka, dari mana mahasiswa bisa tau?”, tambah Zuhil. (mg/maul)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember