Masjid Curah Malang Punya Patung


FOTO : MAULANA AL-FATIH
Berhadapan : Patung Semar yang berada tepat di depan masjid sempat menjadi kegelisahan tokoh masyarakat Curahmalang.

RAMBIPUJI- Masjid yang berada jalan raya, tepatnya Desa Curahmalang, Kecamatan Rambipuji, memiliki cara tersendiri dalam menarik para pengunjung masjid. Yakni, dengan membuat sebuah patung Semar yang diletakkan di seberang jalan masjid. Namun posisinya persis berhadap-hadapan dengan masjid.

Patung yang dibangun oleh remaja masjid (Remas) tersebut, hanya berjarak sekitar lima meter dari area parkir masjid. Dengan posisi melambaikan tangan, patung semar tersebut seolah mengisyarakatkan ucapan ‘selamat datang’ kepada pengunjung masjid.

Menurut pengakuan dari beberapa pengurus Remas, awalnya pembangunan patung tersebut, untuk memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 2018. Namun pihak remas enggan untuk membongkarnya, karena dianggap masih bagus dan menjadi hiasan untuk para pengunjung masjid.

Namun, keberadaan patung tersebut juga mengundang kegelisahan tersendiri bagi sebagaian tokoh masyarakat di sekitar masjid. Mereka ada yang tidak sepakat dengan keberadaan patung tersebut, meski ada pula yang memperbolehkannya.

Salah satu tokoh masyaraat yang menolak keberadaan patung tersebut adalah Ustazd Syamsuddin, bersama beberapa tokoh lainnya. Mereka sempat mengkaji hukum keberadaan patung yang diletakkan berdekatan dengan masjid tersebut. Bahkan para ustad tersebut mengaku sempat bertabayyun dengan pengurus remas, untuk memecahkan kegelisahan sebagaian warga. Namun pengurus remas tetap menolak untuk memindahkan patung tersebut.

Kini, patung tersebut sudah hampir berumur satu tahun, berbagai hiasan sudah banyak ditambahkan untuk mempercanti penampilan patung. (mg4/sh)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember