Kepala Sekolah Ingin Gubernur Baru Perhatikan SMK Terpencil


FOTO : MAULANA AL-FATIH
Sederhana: Belasan siswa SMK Teknologi Pertanian Bangsalsari tengah praktek pembibitan dengan fasilitas apa adanya.
BANGSALSARI- Pelantikan gubernur dan wakil gubernur JawaTimur yang baru saja digelar 13/2, menyimpan harapan sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil agar lebih diperhatikan. Termasuk sebuah sekolah SMK yang berada di pegunungan yang memiliki fasilitas minim.

Salah satunya dialami oleh SMK Teknologi Pertanian Bangsalsari yang berada di Pegunungan Argopuro. Sekolah yang baru didirikan pada tahun 2015 tersebut, memiliki akses lokasi yang jauh dari perkotaan, hal tersebut membuat pengembangan-pengembangan sekolah menjadi terhambat.

Kepala Sekolah SMK Teknologi Pertanian, Muhsin Alatas, menuturkan, selama ini pengembangan sekolah lebih sering diprioritaskan di daerah perkotaan. Dia mengakui, jika di kota, segala informasi dan komunikasi mudah dilakukan.

“Selama ini, lembaga-lembaga yang berada di desa-desa kurang begitu diperhatikan”, ujar Muhsin. Dia juga menjelaskan, dalam akreditasi, semua dituntut banyak hal agar sekolah tidak ditutup, tapi pemprov jarang memperhatikan pengembangan lembaga tersebut.

Pihaknya selama ini mengaku, lokasi sekolah di pegunungan jika dikembangkan dengan baik, akan memiliki manfaat yang besar. Karena menurutnya, daerah pegunungan menyimpan potensi alam yang cukup kaya. “Lembaga kami ini dikelilingi ribuan hektar kebun kopi, teh, sengon, tembakau dan lain-lain. Makanya adanya SMK ini untuk mengelola potensi tersebut” ujar pemuda 26 tahun tersebut.

Saat ini sekolah yang dipimpinnya, memiliki sekitar 45 siswa dari kelas satu sampai kelas tiga. Dengan fasilitas satu gedung belajar, sebuah masjid, dan sebuah lahan untuk praktek para siswa. “Kalau perlu pemerintah provinsi cek langsung ke sekolah, jangan hanya turun untuk monitor saja”, tambah Muhsin (mg/maul)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember