Sudah Terpasang Larangan, Pengendara Motor Nekat Melintas

FOTO : MAULANA AL-FATIH
JEMBER, 21/01/19 - Sejumlah pengendara sepeda motor nekat melintas di wilayah latihan tembak Yonif R 509 Kostrad Jember. Padahal di wilayah tersebut sudah terpasang rambu-rambu larangan melintas dan disiagakan salah seorang personel.

Kawasan yang terletak di Jl Semeru Kelurahan Sumbersari ini memang daerah yang padat pemukiman. Setiap hari masyarakat sudah terbiasa lalu lalang melewati jalur tersebut, namun ketika diadakan latihan tembak, sebagaian dari mereka yang lebih mengutamakan keselamatan harus memutar jalur meskipun dengan jarak tempuh lebih jauh.

Masyarakat yang nekat melintas, memaksa pihak TNI harus bekerja ekstra untuk mengamankan agar tidak terjadi hal-hak yang tidak diinginkan.  Koptu Firdaus Waki, salah seorang TNI yang bertugas mengamankan jalannya latihan menjelaskan, masyarakat sudah seharusnya lebih disiplin untuk keselamatan bersama.

“Kawasan ini sudah cukup sering diadakan latihan tembak, tapi kesadaran masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan masih minim”. Tutur Firdaus.

Pihak TNI juga menjelaskan, Latihan yang berlangsung mulai pagi sampai siang ini merupakan latihan persiapan para prajurit yang akan ditugaskan ke Papua. Meskipun dibagian ujung lapangan tembak terdapat dinding penahan, hal tersebut bukan alasan TNI untuk tidak menjaga keamanan.

“Kejadian peluru nyasar dan mengenai seorang warga pernah terjadi di kawasan latihan tembak Situbondo, kejadian itu yang kami jaga dalam latihan”.  Tambah Firdaus.

Sementara salah seorang pengendara motor yang sempat diberhentikan oleh personel TNI, mengaku telah mengetahui bahwa kawasan tersebut sedang diadakan latihan tembak, namun masyarakat mengindahkan ancaman keamanan yang bisa saja terjadi.

“Saya tadi lihat ada plank disana, dan mendengar jelas suara tembakan, saya mikir tidak akan meleset sampai ke jalan, jadi yah terus saja”. Ungkap Ibu Warsih, pengendara motor asal kelurahan Kaliurang. (mg/maul)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember