Komputer Terbatas, Simulasi UNBK Gunakan Android


FOTO : MAULANA AL-FATIH
Simulasi: Puluhan siswa MTs Zainul-Hasan Balung melaksanakan simulasi UNBK dengan android. 19/2

BALUNG, 19/02/19 - Dengan fasilitas sekolah yang kurang memadai, tentu akan membuat simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi terkendala. Namun tidak demikian yang terjadi di MTs Zainul-Hasan Balung, dengan fasilitas komputer yang minim, sekolah melaksanakan simulasi UNBK dengan memakai android siswa-siswinya.

Kaprodi kelas Excellent MTs Zainul-Hasan, Syifaul Ilmi, menjelaskan, langkah tersebut ditempuh setelah pihak sekolah bersama panitia ujian mengadakan pertemuan dengan wali murid kelas sembilan. Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk mensosialisasikan kepada wali murid sebelum pelaksanaan simulasi.

“Karena sekolahan belum ada laptop yang jumlahnya memadai, jadi kita siasati dengan memakai android”, ujar Ilmi. Menurutnya, sekolah selama ini selalu melibatkan wali murid dalam setiap pengambilan kebijakan yang berhubungan dengan siswa, termasuk dalam pelaksanaan simulai UNBK .

Ilmi juga menambahkan, meskipun anak-anak simulasi memakai android, dia tetap mengupayakan para siswanya bisa ujian memakai komputer yang memadai. “Waktu ujiannya nanti, baru panitia pakai laptop, pinjam milik kelas tujuh. Karena laptop di kelas tujuh itu milik siswa kelas tujuh semua”, tambah perempuan yang akrab disapa Bu I’il tersebut.

Dia juga menambahkan, saat ini jumlah siswa-siswi kelas sembilan mencapai 25 anak. Semuanya siswa telah memiliki android dengan kualitas yang memadai untuk penggunaan aplikasi UNBK.  (mg/maul)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember