Camat Balung Inginkan Mahasiswa Fokus Sektor Perekonomian


FOTO : MAULANA AL-FATIH
Khidmat: Upacara serah terima Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Jember di Pendopo Kecamatan Balung

BALUNG, 31/01/19 - Pemerintah Kecamatan Balung meminta mahasiswa yang KKN di daerahnya, untuk membuat program yang fokus pada peningkatan ekonomi sektor handcraft, hal itu disampaikan dalam kesempatan serah terima mahasiswa KKN yang berasal dari Unmuh Jember di Pendopo Kecamatan Balung. (31/1)

Perwakilan Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unmuh Jember, Emy Kholifah menjelaskan, KKN kali ini, pihak kampus menugaskan sebanyak 166 mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas, diantaranya Fakultas Keperawatan, Teknik, Fisip, Ekonomi, Fkip, Psikologi dan Fakultas Pertanian.

Lanjut Emy, peserta KKN yang terdiri 94 perempuan dan 72 laki-laki tersebut, rencananya akan ditugaskan selama satu bulan. Pihaknya juga meminta kepada mahasiswanya, untuk turut menjaga diri dan menjaga nama baik almamater. "Hari ini kami pasrahkan mahasiswa kami, mengabdi untuk Kecamatan Balung, kami juga meminta dukungan kepada seluruh instansi pemerintah di desa dan di kecamatan untuk kemudahan akses komunikasi", ucap Emi.

Kepala Kecamatan Balung, Widayaka, juga mengatakan, progam mahasiswa KKN agar fokus pada wilayah pengembangan perekonomian masyarakat kecil. Menurutnya, masing-masing desa di Balung memiliki potensi perekonomian yang bisa digali dan dikembangkan.

"Buatlah program yang membantu masyarakat kecil, tidak harus berbentuk materil, misal membuat strategi marketing menggunakan sistem IT, karena banyak industri handicraft di Balung ini", ujar Widayaka.

Lanjut Widayaka, mahasiswa KKN rencananya akan bertempat di delapan desa, diantaranya, Desa Tutul, Balung Kulon, Balung Lor, Balung Kidul, Karang Duren, Karang Semanding, Gumelar dan Desa Curah Lele. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran kepala desa, Babinkamtibmas  dan Babinsa. "Setelah kami terima para mahasiswa KKN, selanjutnya kami langsung limpahkan kepada kepala desa, mereka akan dipecah lagi untuk ditempatkan dibeberapa dusun", pungkas Widayaka. (mg4/maul)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember