Air Bendungan Meninggi, Warga Khawatir


FOTO : INFO WARGA JEMBER (IWJ)
Meninggi : Kondisi bendungan Desa Rowotamtu yang cukup tinggi pascahujan beberapa pekan terakhir.
29/01/19
Rambipuji- Intensitas hujan dalam beberapa pekan terakhir membuat debit air Sungai Bedadung kembali meninggi. Salah satunya terjadi pada pintu air yang di Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji. Hal itu  sempat membuat khawatir masyarakat di sekitar bendungan terjadi banjir karena luapan air sungai.

Pintu air yang menjadi jantung irigasi Kecamatan Balung tersebut terbilang cukup besar. Selain itu, dengan kapasitas yang mampu menampung ribuah kubik air,  ketika terjadi hujan, volume air pada bendungan tersebut bisa sampai menyentuh jembatan.

Hal tersebut diakui oleh Setiaji, warga yang tinggal di sekitar pintu air Rowotamtu. Menurutnya, hujan yang hampir terjadi setiap hari, membuat para warga sekitar seringkali was was, termasuk dirinya. “Jika hujan berlangsung lama, warga sekitar bendungan sangat khawatir. Apalagi jika hujan turun malam hari”, ujar Setiaji.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Amir, salah seorang warga Desa Curahmalang yang tinggal di sekitar jembatan baru Sungai Bedadung. Menurutnya, hujan yang cukup lama membuat dirinya lebih hati-hati. “Beberapa warga ada yang masih mandi di sungai bedadung ini. Jika hujan, air sungai naik, tentu berbahaya”, tutur Amir.

Dia menjelaskan, ketika hujan lebat, Sungai Bedadung yang mengaliri desanya tampak meninggi, meski beberapa hari kemudian kembali normal. Dia mengakui, masyarakat sekitar sungai mulai sadar untuk menjaga keselamatan dalam menghadapai musim hujan. (mg4/sh)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember