Sudah Rampung, Tapi Belum Beroperasi


FOTO : MAULANA AL-FATIH
BALUNG, 24/01/19 - Renovasi puskesmas Kecamatan Balung telah selesai sebulan yang lalu, namun sampai hari ini puskesmas belum juga beroperasi. Renovasi sendiri telah selesai pada awal Desember 2018, namun karena mengalami sejumlah kendala, pengoperasian puskesmas ini menjadi tertunda.

Menurut pengakuan salah satu pegawai puskesmas, penundaan pengoperasian ini terjadi karena masalah pada tunggakan anggaran operasional pemerintah kepada kontraktor, yang sampai hari ini belum dilunasi.

“Puskesmas mulai beroperasi mungkin sekitar tujuh bulan lagi, atau setelah pemilihan presiden”. Ungkap Husen, salah seorang penjaga puskesmas. Pria yang tinggal dilingkungan puskesmas ini juga menjelaskan, renovasi puskesmas yang dicanangkan akan melayani IGD 24 jam tersebut, telah menelan anggaran sebesar satu miliyar.

Penundaan pengoperasian puskesmas tersebut juga berdampak pada pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan puskesmas harus dipindah dengan waktu yang cukup lama, terhitung dari awal puskesamas direnovasi sampai sekarang.

Sementara ini, pelayanan puskesmas Balung ditempatkan di balai desa Balung Lor yang berjarak kurang lebih 500 meter dari puskesmas. “Saat ini pelayanan masih ditempatkan di kantor balai desa Balung Lor.” Tambah Husen. (mg/maul)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember