Serangan Wereng Kian Meluas

photo by Maulana al-Fatih























TERPAKSA PANEN : Sejumlah petani asal Desa Rowotamtu terpaksa panen saat serangan wereng mulai melanda.
Serangan Wereng Kian Meluas
Tak Ingin Merugi Lebih Banyak, Petani Panen Lebih Awal

RAMBIPUJI, 30/3/19 - Maraknya hama wereng yang menyerang tanaman padi akhir-akhir ini, memaksa sejumlah petani harus panen lebih awal. Langkah tersebut terpaksa diambil para petani untuk menghindari serangan wereng yang semakin meluas dan menyebabkan kerugian yang lebih besar.
Seperti yang terjadi pada tanaman padi yang terletak di Dusun Curahmeluwo Desa Rowotamtu. Hama wereng yang menyerang tanaman padi sudah cukup besar dan meluas. Hal itu diakui oleh Samsul Arif, salah seorang petani asal dusun Curahmeluwo. Menurutnya, hama wereng menyerang tanaman warga menjelang musim-musim panen. “Sebenarnya wereng itu ada bukan hanya dimusim panen. Tapi saat ini sangat akibatnya cukup terasa,” ujarnya.
Akibat serangan wereng itu, lanjut Samsul Arif, banyak petani yang merasa serbasalah. Jika mereka panen lebih awal, usia padi belum sesuai perhitungan. Jika dibiarkan hingga usia padi terpenuhi, hama wereng dikhawatirkan semakin meluas. “Padinya banyak yang kepak. Kalau sudah kepak seperti ini mas, mau  yaapa,” ungkapnya kepada Radar Jember.
Meskipun terpaksa panen lebih awal, Samsul Arif mengaku sebagian padinya akan dikonsumsi sendiri. Karena jika dijual semua, akan laku murah di pasaran. “Padi-padi ini terlihat bagus, tapi coba perhatikan hasil sekamnya, sangat menggunung,” keluh pria 56 tahunh itu.
Akibat wereng tersebut, dampak lain juga dirasakan oleh warga. Abdur Rohman, 48, salah seorang warga yang tinggal di dekat area pesawahan mengatakan, hama wereng tersebut hampir setiap malam masuk kerumah-rumah warga.
“Hampir tiap malam, wabah wereng itu kerumah. Bahkan sampai masuk di dalam rumah,” ungkap Rohman. Menurutnya, wereng tersebut berasal dari tanaman padi warga yang telah dipanen. “Ketika malam, wereng-wereng itu mencari hangat dengan masuk kerumah-rumah warga dan menempel di lampu perumahan,” imbuhnya.  (mg2/sh)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember