Jtizen - ‘Ngintip’ Riwayat Chat

Jember, 15 Maret 2019

Berdalih Minjem Buat Moto,
Ehh.. Ternyata, ‘Ngintip’ Riwayat Chat

Usia remaja selalu memiliki tingkat keinginan tauan yang tinggi. Berangkat dari motif itu, mereka kadang tak sampai harus meanabrak segala hal yang bersifat personal atau privasi.
Hal itu terkadang membuat sang korban merasa ilfeel, karena privasinya diketahui oleh lain. Apalagi sampai diumbar ke public, tanpa seizin dari sang pemilik, tentunya itu bisa dijerat dengan pasal UU IT. Masa iyah gara-gara nguplod foto tanpa seizin orangnya bisa dipidana ?  (ungkapnya dalam hati bagi yang merasa)

Salah satu yang pernah menjadi korban modus tersebut ialah Fatia Inas Soraya. Mahasiswi IAIN Jember itu mengaku sempat jengkel kepada salah satu temennya yang iseng. “Dia bilangnya mau minjem hape buat moto, ehh ternyata malah buka riwayat chat wa saya sambil ketawa-ketawa,” ujarnya.
Hal itu sontak sempat membuatnya naik pitam, karena menurutnya, saat itu dia sedang chatingan dengan seorang yang special dalam hidupnya. “Apalgi ketika forum ngumpul-ngumpul, tau ada yang ngintip chatingan saya, sontak sayapun menjadi bahan bullion anak-anak,” tutur Mahasiswi asal Banyuwangi itu.


Kebiasaan tersebut menurutnya ulah anak-anak usil yang gak ada kerjaan. Meskipun terkadang lebih sering dilakukan oleh temen deket atau adek sendiri. Tapi bagi Inast, bercanda itu perlu yang sedang-sedang saja. “Bercanda sih boleh saja. Saya orangnya suka bercanda. Tapi yah jangan sampai kelewat batas,” imbuhnya.
Selain dicuri lihat riwayat chatingannya, Inas juga sempat menjadi korban bulli netizen dan temen grup whatsapnya. Hal itu terjadi gara-gara foto jadulnya masa di mondok dicuri temen dari laptop miliknya. “Foto waktu mondok itu saya kumus-kumus, sempat viral dibeberapa status dan grup wa saya. Dan kembali jadi bahan bullian,” pungkasnya. (mg2)

Komentar

POPULER

💡NARASI KADERISASI💡 (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember