Museum Huruf Jember


Museum Huruf Jember

JEMBER KOTA, 29/3/19 - Dari sekian museum yang ada di jember, nama ‘Museum Huruf’ menjadi daftar yang tidak bisa dikesampingkan. Museum yang terletak di jalan Bengawan Solo Jember No 27 Jember itu, menyimpan sejumlah koleksi unik. Yaitu huruf dari zaman pra sejarah (sebelum nenek mkoyang kita lahir), sampai huruf yang ada pada zaman kita saat ini.
Salah satu owner museum, Ade Shidiq Permana mengatakan, museum tersebut dibangun pada 2018. dalam proses collecting, dia bersama rekan-rekannya menghahbiskan nwaktu setaun. Diantara koleksinya terlangka dalamn museum tersebut ada yang didapat5kan melaui donasi, namun ada pula yang melalui proses replikasi. Diantara koleksinya itu, Mas Ade Shidiq telah menjelaskan panjang kaliu lebar tambah tinggi, dan tim Radar Jember berhasil merangkumnya sebagai berikut:

  1. Periode Peradaban Awal Kuno (6000 – 2000 SM )
Periode awal ini, cukup tua banget bro/sis, cara berkomunikasi orang dulu sangat  khas dan menjadi identitas yang tidak dimilikli oleh kelomp[ok laion. Wajar saja, pada waktru itu, cara pembuatannya masih menggunakan tanah liat,  bentuk huruf-hurufnya pun masih berupa kode, atau sejenius ideogram. Mungkin ilmuwan tertyentu yang bisa membacanya.
Dari sekian peradaban yang masuk jaman alif tersebut yaitu, , aksara Paku, (cuneiform) yang berasal dari Sumeria, irak selatan.munculpada abad ke-31 sm.
Selain itu, beberapa huruf dari peradaban lain, seperti Hieroglif Mesir (Egyptian hierolyphs), berasal dari peradaban Mesir (3200 SM – 400 sm),
dan yang tertkahir adalah aksara Hans, dari  peradaban China, Tiongkok. (pada zaman perunggu). Yang unik juga dari ketiga peradaban ini, bnaik NMesir, Sumeria dan China, , jenis hurufnya sama-sama berawal dari kiri ke kanan.

  1. Periode Aksara yang telah berbentuk tulisan (awal tahun romawi)
Pada jaman ini, agaknya selamngkah ;lebih maju ketimbang jaman sebelumnya. Dimana darikode-kode berupa ideogram itu lamban laun mengalami proses replikasi dan penyempurnaan berupa huruf. Dan pada periode ini pula, kode-kode itu bisa dirangkai menjadi tulisan, tapi masih sekedar tulisan yah, artinya berbentuk kalimat yang sempurna. Dan diantara negeara yang huruf-hurufnya berhasil di simpan oleh musem jember adalah, India, Korea, dan Romawi Kuno.

  1. Aksara Nusantara (Indonesia)
Indonesia ternyata tidak hanya dikenal kebudayaannya, suku dan bhahasanjya, tapi sejarah aksara pun Indonesia sangat kaya. Kita patut bangga menjadi Indonesia.
Pada zaman ini, hururf-huruf itu banyak dihasilkan dari kebudayaan dan sukiu-suku dari tiapdaerah yang ada di Indonesia. Seperti, Aksara Pallawa, Aksara Jawa Kuno, Aksara Hanacaraka, Aksara Sunda, dan aksara dan AksaraArab Pegon. Kalau masalah tahun itu, kurang lebih abad 17-19 masehi.

Oke dah, kiranya ncukup untuk meng\obati rasa penasaran pembaca, disarankan sih, langsung berkunjung ke lokasi museum huruf. (mg2)

Komentar

POPULER

💡NARASI KADERISASI💡 (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember