diminta santun dalam melayani namun, tegas dalam menidaklanjuti

Photo by Mailana al-Fatih

BERI ARAHAN – Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Balung, Farista Ahmad memberikan arahan kepada pengawas TPS.
Gelaran Bimtek pengawas TPS
diminta santun dalam melayani namun, tegas dalam menidaklanjuti

BALUNG, 26/3/19 : Menjelang gelaran pemilu pada april mendatang, sejumlah panwascam mulai adakan pengukuhan dan bimbingan teknis untuk pengawas TPS desa. Tak terkecuali Panwascam Balung yang melaksanakan pengukuhan sekaligus bimbingan teknis di Aula MI Roudotul Jannah Desa Tutul Kecamatan Balung kemarin, 25/3.
            Ketua Panwascam Balung, Farista Ahmad mengatakan, sebanyak 243 peserta akan diberikan arahan dan tugas-tugas tertentu pasca pengukuhan nanti. “Keseluruhan peserta itu nantinya kami sebar ke desa-desa yang ada di Balung,” tutur Faris. Menurutnya, pengawas TPS kali akan dirasa cukup menguras tenaga dan waktu. “Karena ada lima gawe yang akan kita laksanakan. Yaitu pemilihan Dprd kabupaten, Dprd Provinsi, Dpr RI, capres-cawapres, dan Dpd,” imbuhnya.
Faris juga mengaku, diantara sekian peserta itu, sebagaiannya pernah ikut menjadi pengawas. “Kalau dulu, mereka hanya mengawasi pemilihan kades, bupati, atau gubernur. Tapi sekarang ada lima jenis pemilihan, tentunya itu butuh kerja ekstra,” ujarnya dihadapan peserta bimtek.
Dengan tugas yang demikian, Faris meminta kepada seluruh peserta bimtek agar bisa bekerja santun. “Dalam bertugas mereka perlu santun. Namun ketika ada yang tidak beres, mereka wajib tegas,” ungkapnya.
Menurutnya, tugas sebagai pengawas itu dilindungi oleh Undang-undang. Oleh karena itu, pihaknya juga meminta peserta untuk tidak segan dalam melaporkan setiap kecurigaan pemilu. “Ada pengawas dari paslon atau caleg. Mereka dari parpol, sedangkan ditugaskan oleh lembaga negara yang independen,” pungkasnya.  (mg2)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember