Ingin Memacu Bakat Pelajar di Bidang IPS

Photo by Maulana al-Fatih

BERPRESTASI : Dari kanan, Farhan Nur Rahman (SMPN 2 Jember), Dewi Intan (SMPN 7 Jember), dan Riefky Ahmad (SMPN 4 Jember) keluar sebagai juara tiga terbesar dalam ajang Oliampiade Tadris IPS 2019.


KALIWATES, 17/3/19 – Menjaga sejarah agar agar tidak tercerabut dari akarnya merupakan salah satu tugas utama pendidikan. Mungkin hal itulah yang sedang diusahakan oleh Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Intstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Dalam merawat generasi muda agar tidak melupakan sejarah, mereka menggelar lomba Oliampiade IPS sebagai ajang menumbuhkembangkan minat dan bakat para siswa tentang ilmu sejarah itu.
Acara yang digelar di Auditorium IAIN Jember itu, melibatkan pelajar tingkat SMP-MTs se –Tapal Kuda, mulai dari Jember, Lumajang, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.
Menurut Abdurrahman Ahmad, salah seorang dosen pengampu mata kuliah IPS mengatakan, dalam acara tersebut, sebanyak 152 siswa hadir memperebutkan tripi dan hadiah menarik.
Menurutnya, Kompetisi Tadris IPS (Komets) itu, menjadi salah satu cara menggali dan mengembangkan  minat pelajar dibidang pelajaran IPS. “Kita ingin memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang IPS. Sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuannya,” ucap Ahmad.
Dalam kompetisi itu menurutnya, panita menyiapkan hadiah menarik yang diharapkan mampu mendorong semangat belajar siswa. Selain memeperebutkan tropi dan seetifikat, para peserta juga memperebutkan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000 untuk juara satu, Rp 1.000.000 untuk juara satu, dan Rp 750.000 untuk juara tiga.
“Hadiah itu sebagai apresiasi kecil. Yang terpenting usaha mereka untuk sampai kesini itu tidak bisa kita nilai,” imbuhnya.
Ahmad juga mengapresiasi progam kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Progam Studi (HMPS) Tadris IPS itu. Dia menambahkan, acara yang sejenis mampu diadakan dengan level dan skala yang lebih luas.
“Kami berharap, peserta bisa menjalin persahabatan dan bisa sharing pengalaman,” pungkas Ahmad. (mg2)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember