Pengunjung Masih Didominasi Mahasiswa

Photo by Maulana al-Fatih
ISI WAKTU LUANG : Salah seorang mahasiswi yang tengah melihat koleksi buku di Perpusda Jember 

Pengunjung Masih Didominasi Mahasiswa
JEMBER, 14/3/19 – Kemajuan teknologi yang begitu cepat dan canggih, membuat keberadaan perpustakaan dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Hal itu yang terjadi di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Jember.
        Perpustakaan yang terletak di Jalan Letjen Panjaitan No 49 Kelurahan Sumbersari itu, menjadi salah satu refrensi untuk menyelesaikan tugas. Umumnya mereka yang datang adalah para pelajar, terlebih mahasiswa.
Hal itu dibenarkan oleh Sri Isnani, salah seorang pustakawati Perpusda Jember asal Kecamatan Arjasa. Menurutnya, hampir setiap hari pengunjung perpustakaan didominasi oleh kalangan mahasiswa dan siswa. “Umumnyna mereka yang datang kesini ingin sekedar baca, mengkopi file, dan mengerjakan tugas,” ujar Sri Isnani.
Selama ini pihaknya telah banyak melakukan sosialisasi untuk mengenalkan kepada masyarakat akan keberadaan perpusda tersebut. “Kita memiliki tiga bus keliling. Setiap bus mengkover 10 kecamatan untuk disinggahi setiap bulannya,” imbuhnya.
Langkah tersebut diambil menurutnya, agar perpusda tersebut tidak hanya dikenal oleh kalangan akadmeisi saja, namun bisa dikenal dan disambangi oleh masyarakat luas. “Kita setiap turun, kadang ke sekolah terjauh dari kota. Di yayasan, pesantren, TK atau SD yang membutuhkan jasa kitta,” tutur Sri Isnani.
Selain itu, perempuan jurusan D2 Fakultas Ilmu Perpustakaan UT Jember itu juga mengatakan, setiap tahun pihaknya selalu berupaya menambah jumlah kunjungan. “Tahun ini kami menargetkan jumlah pengunjung tembus angka 25.000.,” tuturnya.
Hal itu juga ditunjang dengan sejumlah progam pengembangan antara lain, seperti bus perpusda setiap minggu pagi di acara care free day,  membuat aplikasi di playstore untuk koleksi ebook, dan lain-lain. “Kami juga melakukan kerjasama dengan diknas dan PKK kabupaten untuk progam sosialisasi dan pembinaan,” imbunya.
Sementara bagi kalangan mahasiswa seperti yang diungkapkan oleh Naily Fikriyah, salah seorang mahasiswi IAIN Jember mengaku, kedatangannya di perpusda itu untuk menambah wawasan dengan membaca buku-buku ilmiah sembari mengisi waktu luang.
Dia mengaku, kedatangannya ke perpuda bukan hanya saat itu saja dilakukan. Dia mengaku sering menghabiskan waktu untuk menyalurkan hobinya dalam membaca tersebut. “Saya datang kesini karena banyak koleksi yang saya cari,” ujar Naily.
Menurutnya, meskipun dikampus sudah ada perpustakaan, namun dia lebih menyukai fasilitas yang ditawarkan oleh pihak perpusda. “Kalau di kampus kurang kondusif, rame anak-anak yang ngerjakan tugas,” imbuh Naily. (mg2)

Komentar

POPULER

💡NARASI KADERISASI💡 (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember