Membuat Soal Ujian Tidak Bisa Instan

Photo by Maulana al-Fatih

SOSIALISASI : Kepala KKG Jember, Dedi Ependi menjelaskan perihal soal ujian Madrasah Ibtidaiyah (MI) dihadapan peserta dan tamu undangan kemarin, 22/2.
Proses Perumusan Hingga Pendistribusian Butuh Waktu
KALIWATES, 24/3/19 -  Pendistribusian soal ujian kenaikan kelas tingkat MI masih membutuhkan waktu yang cukup panjang. Hal itu disampaikan oleh Kepala Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Jember, Dedi Ependi dalam sambutannya di acara pelatihan pembuatan soal.
Dihadapan peserta pelatihan, Dedi mengatakan, rencana perumusan soal ujian untuk kelas satu sampai lima MI itu akan dilaksanakan pasca pelatihan tersebut. “Pelatihan ini adalah sebagai awal. Langkah tindak lanjutnya kami langsung bentuk tim perumus yang isinya para peserta itu,” ujar Dedi.
Langkah tersebut menurutnya harus dijalankan dengan kerjasama antara KKG dan para peserta sebagai penyusun naskah soal. Dedi mengakui, proses panjang itu tidak bisa hanya dijalankan oleh salah satu pihak saja. 
“Kenapa kami libatkan guru-guru dalam penyusunan soal, karena hanya mereka yang mengetahui kondisi dan kemampuan siswa-siswinya,” tutur Dedi kepada Radar Jember.
Pihaknya telah menyiapkan beberapa tim yang akan membantu kinerja guru nantinya dalam perumusan soal. “Setelah soal tersebut dibuat oleh mereka, kami siapkan tim telaah. Setelah itu ada tim validasi dari KKG untuk proses finishing,” imbuhnya.
Tidak selesai di situ, Dedi pun kembali menjelaskan, pasca proses finishing, naskah soal akan dilimpahkan ke Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Jember. “Baru setelah dari Pendma, langsung ke percetakan. Terakhir tinggal pendistribusian,” imbuh Dedi.
Dedi juga mengapresiasi para peserta sebagai perwakilan guru dari kecamatan itu. Dia juga berharap kepada guru-guru yang hadir dalam pelatihan itu untuk bisa bekerja semaksimal mungkin.
“Guru-guru MI di pelatihan ini, merupakan guru terbaik dari tiap kecamatan se- Kabupaten Jember. Jadi mari kita bekerja sama dan sama kerja,” tandasnya penuh harap dihadapan peserta pelatihan. (mg2)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember