MERAKYAT 40 HARI





kuliah kerja nyata (KKN) merupakan agenda rutinan tiap tahun yg diadakan oleh lembaga perguruan tinggi dlm menjalankan fungsinya yg tertuang dlm tri darma perguruan tinggi. yaitu sebagai pengajaran. penelitian dan pengabdian. dengan kata lain menerjunkan mahasiswa ke masyarakat dlm rangka pemberdayaan kpd masyarakat utk meningkatkan kualitas maupun menggali potensi2 masyarakat yg terpendam melalui beberapa progam dan aksi.

IAIN Jember sbg pusat kajian keislaman dan keIndonesian melalu lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat(LP2M) ikut berpartisipasi dlm mengaktualisasikan nilai2 luhur ajaran islam dan pancasila melalui serangkaian progam yg tersistem dalam balutan kurikulum participations action research (PAR) yg merupakan legalitas resmi pedoman KKN yg dalam tahun ini bertepatan di 3 kecamatan Silo, Ledok ombo dan Maesan.

keberadaan mahasiswa KKN dimasyarakat semakin menegaskan eksistensi mahasiswa yg tdk hanya dituntut duduk manis menikmati bangku perkuliahan. tetapi  mahasiswa juga memiliki misi sosial dlm menjaga. mengawal dan menggagas masa depan bangsa Indonesia yg lebih baik. hal ini semakin diperkuat dgn gelar agung yg disandang mahasiswa sbg agent of change. agent of control dan agent of analysis.

hari ini tepat 40 hari mahasiswa KKN IAIN Jember mengabdi ke masyarakat. mereka segera kembali ke gubuk mesin pencetak sarjana dgn segudang aktivitas yg monoton dan mungkin agak sedikit berwarna. krna proposal dan skrisi yg siap menanti.

anak2 KKN. begitu masyarakat menyebutnya. mereka bukan donatur atau investor atau narasumber. hadirnya mereka utk membantu. berpartisipasi dan research. canda tawa dan suka duka yg mereka ukir ditempat pengabdian akan menjadi pengalaman yg sgt berharga.

Al-fatih
1sept'16

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember