MENYOAL REKLAMASI TELUK JAKARTA



[8/4 22.54] ..REKLAMASI..
(pro kontra teluk jakarta dlm sudut pandang kemanfaatan dan dampak lingkungan)
*Oleh Maulana Al-Fatih


reklamasi merupakan usaha pembukaan lahan baru di daerah teluk/ danau/ atau wilayah bibir pantai dalam rangka pemanfaatan sumber daya alam dan meningkatkan produktifitas masyarakat dan negara.

beberapa negara yang sebelumnya telah sukses melandingkan proyek reklamasi antara uni emirat arab, singapura, hongkong dan belanda yg tercatat sebagai negara dengan proyek reklamasi terbesar di dunia, kurang lebih 500rb hektar wilayah lautan berhasil disulap menjadi daratan yang ditumbuhi gedung gedung mewah nan megah.(w.pedia)

di Indonesia sendiri sebelum proyek reklamsi teluk jakarta dicanangkan. ada beberapa wilayah yang sudah merealisasikan diantaranya teluk benoa bali. pantai losari sulawesi.
 dll.

sementara. reklamasi teluk jakarta yang dicanangkan pemprov jakarta dinilai sebagian kalangan masih membutuhkan banyak pertimbangan yang matang. selain analisis masalah dampak lingkungan (AMDAL) beberapa pihak terkait seperti kementerian kelautan dan perikanan dan menteri kehutanan dan lingkungan hidup belum ada tanggapan yg serius mengenai masalah ini. apalagi Perpres dan Permen yang belum bisa berjalan. hal ini justru penting dilakukan mengingat rekalamasi proyek bernilai triliunan rupiah ini bisa saja justru menimbulkan petaka bagi masyarakat karna kurangnya AMDAL yang komprehensif dan  tidak sinergisnya pemerintah terkait dengan masyarakat.


adanya reklamasi bisa memastikan bahwa semakin banyak laut dan danau yang dialih fungsikan menjadi lahan produktif, maka semakin meninggi pula permukaan air laut dan bisa kapanpun meredam sebagian wilayah di bibir pantai sekitar reklamasi. belum lagi komoditas masyarakat tepi pantai sebagai nelayan terancam kehilangan lahan penghasilan mereka dan efek jangka panjang para pakar dan ilmuan memprediksikan jakarta akan tenggelam kurun waktu 50 tahun.


namun AMDAL saja belum cukup dalam mengatasi hal hal diluar praduga proyek ini. meskipun perencanaan reklamasi ini sempat vakum. namun minggu ini lembaga pemangku hukum tertinggi komisi pemberantasan korupsi (KPK) Justru secara terang2an mengeluarkan pernyataan mengejutkan. KPK membuat edaran sosialisasi tentang manfaat reklamasi teluk jakarta. sontak hal ini mengejutkan publik. karna KPK yg digadang2 memiliki kuasa hukum tertinggi dinegeri ini dalam mengambil kebijakan masih dipertanyakan  keberpihakannya.

sementara Ahok selaku walikota jakarta merasa perlu adanya reklamasi ini. mengingat kebutuhan dan pembangunan kota Jakarta yang tiap tahun terus meningkat pesat.

bagaimanapun bentuk reklamasi adalah bentuk pengalihan fungsi lingkungan dengan tujuan meningkatkan produktifitas jika AMDAL, pemerintah melalui Permen dan masyarakat masih belum bersinergi maka bukan hanya reklamasi mendatangkan petaka tetapi juga mengundang derita.



Al-Fatih
7Okt'16

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember