MENYOAL PENDIDIKAN



(...
.. )

berbicara pendidikan memang tiada habisnya. selalu ada nuansa baru. mylai dari problem akut yg tak berkesudahan sampai dgn wacana klasik yg kadang kurang menarik. semuax hadir menjadi bagian dr dinamika sosial. yg menampilkan sosok wajah baru bagi pendidikan Indonesia ditengah arus medernisasi yg deras.

kemudahan akses komunikasi dan informasi telah membawa peradaban manusia pada kehidupan yg serba konsumtif dan instan. krn semua sdh ada dlm genggaman dgn kontrol beberapa jari saja. hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi ummat manusia. tp bukan berarti tdk menimbulkan dampak yg negatif.

beberapa manfaat dan dampak modernisasi ini telah sedikit banyak memgubah maindset(pola pikir) masyarakat. termasuk dalam hal pendidikan. kita sering mendengar bahwasanya tujuan tertinggi dr pendidikan adalah 'memanusiakan manusia'.. namun apakah pendidikan sekarang yg sudah disokung oleh kepentingan sistem pasar dan di motori oleh kaum2 kapital.. apakah sudah dapat dikatakan bahwasanya hakikat pendidikan mash memanusiakan manusia...???!! atau sudahkan pendidikan yg berjenjang mulai dr SD sampe dengan pendidikan sarjana III bahkan Profesor yg telah diakui otoritasnya sebagai orang yg akan memanusiakan manusia??
atau apakah pendidikan memang sengaja diarahkan sesuai dgn kebutuham pasar..??
jadi para pelajar. para mahasiswa yg kuliah/sekolah apakah prioritas utamanya utk membentuk pribadi yg berkualitas (sbgy bgyn dr memanusiakan manusia) atau memang mngejar ijazah agar mudah melamar pekerjaan ??
bukankah jika demikian orientasi pendidikan telah berubah haluan yg awal katanya ingin 'memanusiakan manusian' menjadi 'memperkerjakan manusia'.... ?????!!!!


sahabat2 yg bijak sudah pasti tau jawabannya dr segelintir pertanyaan2 di atas...!!!!

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember