Orkema IAIN Jember Beberkan Rekomendasi Untuk Calon Rektor Terpilih 2019

Photo : Maulana al-Fatih

 SATU SUARA : Puluhan aktivis mahasiswa IAIN Jember merumuskan rekomendsi bersama yang akan ditujukan kepada calon rektor terpilih mereka.

KALIWATES, (11/3/19) - Momen pergantian rektor IAIN Jember benar-benar dimanfaatkan oleh sejumlah aktivis mahasiswa. Hal itu yang sedang dilakukan oleh sejumlah aktivis mahasiswa yang terdiri dari beberapa organisasi tersebut. Berangkat dari keinginan yang sama, puluhan mahasiswa perwakilan masing-masing lembaga itu merumuskan sejumlah rekomendasi yang akan diajukan kepada calon rektor terpilih IAIN Jember 2019.
            Acara yang digelar di Ruang Madya Rektorat IAIN Jember itu, membawa misi bersama yang diusung oleh sejumlah aktivis mahasiswa. Beberapa aktivis mahasiswa yang hadir merupakan perwakilan dari organisasi intra dan ekstra. Antaralain seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan perwakilan Mahasiswa (DPM), Unit kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Progam Study (HMPS). Dari unsur organisasi ekstra terdiri dari PMII IAIN Jember, HMI IAIN Jember, dan GMNI IAIN Jember.
Ketua Umum DPM-I Dewan Perwakilan Mahasiswa Institut (DPM-I) IAIN Jember, Abdur Rasyid mengatakan, pergantian rektor bukan hanya menjadi momen perpindahan jabatan. Dia menilai pergantian rektor harus ada sebuah evaluasi, serta tindak lanjut terhadap segala kebijakan yang sudah berjalan,  khususnya yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa.
“Banyak catatan dari kami mengenai perkembangan kampus. Hal ini menginisiasi kami mengadakan pertemuan itu,” ujar Rasyid yang sekaligus ketua panitia acara.
Selama masa kerja jabatannya, Rasyid mengaku banyak keluhan yang disampaikan mahasiswa, terutama yang duduk sebagai aktifis intrakampus. Selain itu, Dia juga menyampaikan beberapa rekomendasi yang dianggap perlu ditindak lanjuti. “Selama ini mahasiswa tidak terlibat apapun dalam pemilihan rektor. Tapi bukan berarti mahasiswa tidak punya hak dalam bersuara,” tutur Rasyid.
Salah satu peserta diskusi, Ahmad Nailul Hikam, delegasi dari organisasi PMII IAIN Jember mengatakan, diantara sejumlah rekomendasi tersebut menurutnya, menjadi kegelisahan yang dialami oleh semua mahasiswa.
“Kami melihat kampus ini banyak catatan yang kami evaluasi. Baik secara pelayanan, fasilitas, sistem dan lain-lain,” ujar Ahmad Nailul. Menurutnya, pada moment pergantian rektor tersebut mennjadi moment yang paling tepat untuk menyampaikan rekomendasi hasil diskusi lintas aktivis.
Lanjut Ahmad Nailul, dia juga membeberkan beberapa rekomendasi itu. Diantaranya, Di antaranya, meningkatkan prodi yang masih terakreditasi C, pembaharuan terhadapa buku-buku perpustakaan, peningkatan kepedulian kampus terhadap masyarakat, jaringan luar negeri untuk pengembangan kampus, perbaikan sistem seperti kurikulum, perbaikan SDM dosen, dan lain-lain.
Semua rekomendasi tersebut menurutnya sudah dikaji secara mendalam dan saat ini masih proses pengajuan kepada PLT rektor IAIN Jember. “Itu sebagian catatan kami. Masih banyak evaluasi yang telah kami bahas,” ungkap Ahmad Nailul kepada Radar Jember.  (mg2)

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember