*PHYTAGORAS* (filsuf sufistik dan sains)


*PHYTAGORAS*
(filsuf sufistik dan sains)
_Oleh : Maulana al-Fath_

Phytagoras lahir di pertengahan abad ke- 5 SM di Ionia pulau Samos, bagian Asia pesisir Asia barat. meskipun ada literatur yang menyebutkan dia memiliki bapak dan ibu, namun masyarakat ada yang beranggapan bahwa phytagoras merupakan keturunan dewa Apollo (dewa seni dan panahan) salah satu putra dewa tertinggi di Athena.

di samos phytagoras hidup semasa dengan polycrates (seorang bandit, perompakan dengan kekuatan armada lautnya, namun memiliki kecintaan akan seni). diceritakan polycrates sosok penguasa yang rakus akan tahta, dia tidak segan-segan membunuh siapapun yang bersebrangan dengan ambisinya, termasuk keluarganya. dengan karakter kepemimpinan polycrates inilah yang membuat phytagoras tidak betah di samos dan memutuskan untuk pindah ke Kroton, daerah pesisir Italia selatan.

di Kroton inilah Phytagoras tinggal selama kurang lebih 20thn dan mendirikan tarekat keagamaan yang kemudian dianggapnya nabi oleh sebagian umatnya. karena kisah mistis dari phytagoras yang pernah hidup selama 4kali dan menyaksikan seekor anjing yang menggonggong adalah temannya yang dulu jiwanya mengalami reinkarnasi ke mahluk yang lebih rendah. inilah salah satu ajarannya yang mempercayai reinkarnasi (perpindahan jiwa)

dalam tarekat keagamaannya ini phytagoras menetapkan seluruh ajaran-ajarannya. agar perpindahan jiwa kelak menuju ke mahluk mahluk yang lebih mulya. karena madzhab phytagorean beranggapan tubuh ibaratnya kuburan dari jiwa. dan tidak seharusnya manusia yang ingin membebaskan jiwanya dari belenggu jasad yang fana harus dengan mati bunuh diri. madzhab phytagorean berpandangan bahwa orang yang menginginkan jiwanya atau penyucian jiwanya harus melalui ke lima belas pantangan sebagai mana yang disebutkan oleh Bertrand Russell dalam bukunya sejarah filsafat barat. phytagoras dalam pandangannya juga menjelaskan bahwa temuan dan hasil pemikiran dinilai hasil kolektif dan barang ataupun kekayaan anggotanya dimiliki bersama, disini dia mencoba membangun asas sosialis ditengah penganut madzhab phytagorian.

selain ajaran tentang doktrin teologis dan reinkarnasinya. pemikiran phytagoras terfokus pada matematika dan geometri, hal ini yang membuat dia dikenal sebagai filosof yang memadukan antara teologi dan matematis.
matematika menurutnya terdiri angka angka yang sempurna dan mempunyai kekuatan mistis disetial makna angka-angka tersebut. orang yang memahami matematika di yakini oleh phytagoras akan mendapat derajat pengetahuan yang sempurna.

selain menjelaskan tentang subtansi yang asali dari wujud alam dijelaskan melalui matematika, dia juga menjelaskan bahwa pusat dari jagad semesta ini adalah bola api dan benda-benda langit mengelilinginya (meskipun tidak menyebutkan matahari) namun setidaknya pemikirannya ini menjadi cikal bakal dari adanya teori heliosentris yang beranggapan bahwa matahari adalah pusat tatasurya ini yg dikembangkan oleh ilmuan modern yaitu Copernicus.

tidak banyak pemikiran bisa diurai, karena riwayat phytagoras yang diceritakan dari mulut ke mulut menjadikan kesulitan bagi ilmuan untuk melacaknya, namun dari sekian pemikirannya banyak mengilhami filosof filosof selanjutnya terlebih memacu semangat ilmuwan abad modern utk meneliti lebih lanjut.

refrensi.
Bertrand Russel, _sejarah filsafat barat._
Masykur Arif, _sejarah filsafat barat._
Kens Bertend, _sejarah filsafat Yunani._
Harun Hadiwijono, _sari sejarah filsafat barat I._
Hatta, _Alam pemikiran pemikiran Yunani kuno._
Ahmad tafsir, _pemikiran Yunani dari Thales hingga capra._

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember