ANAXIMANDRES

*APERION ANAXIMANDRES UNTUK YUNANI KUNO*

Anaximandres merupakan salah satu dari ketiga filosof alam yg hidup era abad ke-6 SM atau tepatnya pada 610-547 SM, miletos menjadi tempat kelahirannya dan menimba ilmu bersama gurunya yang tidak lain adalah Thales yang dikenal sebagai tokoh pertama yang mengawali ekplorasi fenomena alam melalui akalnya.

meskipun pemikiran Thales banyak mempengaruhi pemikiran anaximandres, namun ada beberapa perbedaan yang sangat signifikan dari pendapat pendapat anaximandres yang terlihat lebih maju ketimbang gurunya, disatu sisi memang bentuk kritikan atas ketidaksepakatan pemikiran gurunya.

gagasan penting anaximandres adalah tentang subtansi asali segala sesuatu yang selanjutnya disebut _aperion_ yang dianggapnya satu sebab awal yang memunculkan  unsur-unsur yang kita kenal saat ini, kemudian unsur unsur tersebut terus berproses membentuk siklus tanpa pernah terhenti dan teratur.
 prinsip aperion anaximandres juga menjadi cikal bakal tercetusnya teori evolusi anaximandres yang mengatakan bahwa mahluk hidup berasal dari unsur yang basah, anaximandres menyebutnya dengan sosok ikan hiu yang memiliki kemampuan melindungi anak-anaknya dari bahaya, anak hiu yang mampu bertahan akan dilemparkan ke daratan dan dalam kurun waktu tertentu berevolusi menjadi manusia. dari gagasan inilah yang kemudian mengilhami ilmuan selanjutnya untuk melanjutkan teori tentang evolusi manusia, seperti yang dilakukan oleh Darwin.

anaximandres menawarkan opsi opsi jawaban atas pertanyaan dan pernyataan dari gurunya, dia juga mengatakan bahwa bentuk bumi tidak seperti yg disampaikan oleh gurunya yg berbentuk seperti cakram, tapi bentuk bumi adalah seperti silinder yang lebarnya tiga kali dari tingginya, dia juga dikabarkan sebagai filosof pertama yang menggambarkan peta bumi datar melalui gagasannya tentang bentuk bumi.

selanjutnya, anaximandres menambahkan bahwa kenapa bumi tidak jatuh diantara ruang hampa di angkasa, karena menurutnya bumi verada dipusat atau di tengah-tengah jagad Surya ini. sehingga tidak mungkin akan terjatuh, terbalik atau terpelanting, gagasan yang mungkin akan terdengar sangat kurang logis, namun sekali lagi pemikirannya mampu memacu penelitian penelitian selanjutnya tentang eksplorasi dan kejadian alam semesta semakin berkembang dan diteruskan oleh generasi selanjutnya.

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember