ANAXIMENES (Tritunggal akhir madzhab Miletos)

*ANAXIMENES*
( _Tri Tunggal akhir Madzhab Milesian_ )

Anaximines merupakan filosof alam terakhir madzhab milesian yang yang juga merupakan murid Thales, dia juga berguru pada anaximandres, keberadaannya menjadi penghujung eksistensi filosof waktu itu sebelum Yunani diserang ileh bangsa Romawi pada era ke-5 SM yang menyebabkan banyak filosof filosof menyelamatkan diri dari Yunani.

gagasan Anaximenes masih sama dengan para pendahulunya, yaitu berusaha mencari subtansi asal dari alam, dia tidak menyepakati adanya air yang menjadi subtansi asali seperti yang dikemukakan oleh Thales atau subtansi yang asali yang tidak terlihat yang mempu menggerakkan subtansi lainnya yang kita kenal saat ini seperti yang diungkapkan oleh anaximandros.
menurutnya, subtansi dasar dari terciptanya alam ini adalah berasal dari udara, karena tanpa udara, manusia dan seluruh makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini sulit akan hidup apalagi bertahan hidup.

lebih jauh, air menurutnya adalah udara yang menguap, dan ketika udara memadat akan menjadi tanah dan batu, udara diencerkan akan menjadi api.
menurutnya, tidak mungkin subtansi asal yang tidak terlihat dan tidak tertangkap oleh Indrawi mampu membentuk subtansi yang tertangkap indrawi. hal salah satu teori untuk mengkritisi pandangan anaximandres. dia juga menambahkan benda mati bisa hidup karena udara dan benda ketika tidak ada udara maka akan mati, termasuk dalam hal ini anaximenes mencotohkan manusia yang sangat ditentukan mati atau hidup jika masih ada unsur udara dalam dirinya.
hal ini membuktikan bahwa pendapat anaximenes meskipun agak sedikit mengalami kemunduran dari para pendahulunya, namun dia orang yang pertama kali mencoba mengkomparasikan kedudukan antara jiwa dan materi dengan menekankan pada aspek kualitas yang kemudian menjadi cikal bakal penelitian tentang ilmu kimia dan fisika. karena menurutnya udara adalah jiwa itu sendiri.

gagasan anaximenes juga berpendapat bahwa bumi berbentuk seperti cakaram yang datar, dan udara lah yang menopang serta menyelemuti bumi tersebut, sehingga tidak mungkin bumi akan jatuh atau terpelanting dari  alam semesta.

23/Mei/2018

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember