AMATERASU, TSUKOYOMI DAN SUSANO'O (sebuah mitologi menjelma doktrin)

Dalam dunia anime, nama-nama tersebut dikaitkan dengan suatu karakter dari klan bernama Uciha yang diceritakan memiliki kemampuan khusus melebihi klan lainnya seperti yang diceritakan dalam film Naruto. Amaterasu digambarkan dengan kekuatan dari mata Kanan yang memunculkan api hitam yang tidak kunjung padam, Teukoyomi digambarkan sebagai sebuah kekuatan dari matahari, sedangkan susanoo digambarkan sebagai kekuatan khusus klan uchiha yang berwujud mahluk besar berjubah perang. diantara ketiganya masih ada yang lebih istimewa yaitu izanagi dan izanami yang merupakan kemampuan untuk menetapkan takdir seseorang untuk kembali ke jalan yang benar dan menyebabkan penggunanya mengalami kebutaan permanen. sehingga jutsu ini termasuk dalam jutsu terlarang dan hanya dikuasai oleh segelintir klan Uciha yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

dalam mitologi Jepang, ketiga nama tersebut juga sangat terkenal dan hampir diketahui oleh setiap penduduk Jepang yang sebagian besar beragama Shinto (sekte penyembah matahari) meskipun sebagian kecil diantara tanpa beragama (atheis). jepang dikenal memiliki tradisi/ kebudayaan dan mitologi yang diyakini dan di jalankan oleh para penganutnya sampai saat ini.

dalam sistem kepercayaan tersebut, dewa-dewa diyakini memiliki kekuatan besar dalam menentukan proses terjadinya alam semesta khususnya kejadian/adanya pulau pulau di daerah Jepang.
jika izanagi dan izanami di anime Naruto digambarkan sebagai kekuatan terlarang klan uchiha, maka dalam mitologi Jepang izanagi (laki-laki) dan izanami (perempuan) sosok dewa yang pada mulanya hidup di langit dan dunia tanpa batas. keduanya dianggap sebagai sesepuh para dewa, karena berkat kedua dewa tersebutlah lahir beberapa anak-anaknya yang selanjutnya memiliki tugasnya masing-masing di dunia ini.

anak terakhir yang dilahirkan adalah Iokochi, yang selanjutnya menjadi dewa api, namun selama mengandung sampai setelah kelahirannya, membuat dewa izanami terus mengalami sakit yang berkepanjangan, tak lama setelah itu izanami meninggal karena tidak kuat dengan sakit yang dideritanya. kematian izanami membuat izanagi terpuruk karena dia dewa yang paling dicintai sekaligus istri satu-satunya. dan kematiannya ini membuat murka kepada Iokochi (dewa api) karena dianggap menjadi penyebab kematian istrinya. akhirnya izanagi membunuh Iokochi yang tak lain adalah anaknya sendiri.

selama kematian izanami, izanagi terus-terusan mengalami kesedihan berkepanjangan, pada akhirnya dia memutuskan untuk pergi ke alam bawah untuk membawa izanami kembali lagi ke dunia atas. sesampainya di alam bawah izanaghi melihat penguasa alam dan meminta izin untuk membawanya kembali ke dunia namun dengan syarat, izanaghi dilarang menoleh kebelakang selama membawa istrinya tersebut.

tanpa perlu pikir panjang izanaghi pun langsung naik ke alam atas dan membawa izanami dalam genggamannya sampai dia lupa melanggar pantangan yang diberikan oleh penguasa alam bawah sehingga menyebabkan izanami seketika menjadi sosok yang seram lagi menakutkan. melihat hal demikian izanagi merasa sangat ketakutan dan memutuskan untuk keluar dari alam bawah serta menutup pemisah kedua dunia tersebut dengan batu besar.

izanami dengan jiwanya yang masih hidup merasa dipermalukan atas ulah suaminya tersebut, dia mengutuk perlakuan izanagi dan akan membunuh 1000 manusia tiap harinya, mendengar pernyataan istrinya yang sedang marah izanagi pun membalasnya bahwa dia juga akan menciptakan 1500 manusia tiap harinya.

setelah masa tersebut, izanagi melakukan ritual pembersihan diri dari dosa-dosa dan pengaruh negatif di jiwanya serta mandi disebuah sungai. ketika dia mengusap mata kanannya, muncullah anak cantik bernama amaterasu (yg nantinya menjadi dewa matahari dan kebijaksanaan) cikap bakal dewa Shinto yang disembah oleh penduduk Jepang. ketika mengusap mata kanannya, muncullah Tsukoyomi (yang nantinya akan menjadi dewa bulan dan kehangatan malam) ketika mengusap hidungnya muncullah susanoo (yang nantinya akan menjadi dewa penguasa angin dan badai)

Amaterasu memiliki tanggungjawab jawab penuh kepada saudara-saudaranya dan mengarahkannya kepada jalan yang benar. suatu ketika Tsukoyomi yang memiliki karakter penyejuk menangalami konflik dengan adiknya susanoo. susanoo dengan karakternya yang pendiam dan sulit ditebak maunya. amaterasu sebagai kakak tertua memutuskan untuk kedua adiknya turun bersamanya dari surga dan membuat beberapa pulau di dunia. semenjak berpisahnya ketiga saudara tersebut, terjadilah siklus alam adanya matahari dam bulan, adanya siang dan malam, serta untuk menyeimbangkan keduanya terbentuklah angin. amaterasu berada disinggasana  matahari, Tsukoyomi dengan karakter lugasnya berada disinggasana bulan dan susanoo berada di lautan dengan mengatur angin badai dan ombak.

susanoo yang sulit ditebak membuat amaterasu gelisah semenjak dia diturunkan ke bumi. diceritakan susanoo ketika turun ke bumi pernah melihat seorang petani perempuan, janda beranak 7 yang semuanya adalah perempuan, setiap tahun anak dari janda tersebut dikorbankan sebagai tumbal untuk buah panen pertaniannya pada dewa pertanian yang digambarkan dengan sosok naga berkepala 7. melihat putri terakhir yang akan dijadikan tumbal diketahui oleh susanoo dan dia merasa iba atas ulah dewa naga tersebut. sehingga dia membuat siasat untuk membunuh naga dengan cara membuat 7 piringan besar yang diisi dengan arak dengan yang memiliki kadar alkohol yang tinggi. saat ritual dimulai minuman arak disajikan dan putri untuk sesembahan juga disandingkan, seketika dewa naga datang tanpa pikir panjang langsung meminum arak racikan susanoo, seketika naga terkulai lemas. hal tak terduga dilakukan, susanoo menjuruskan pedangnya (Tyros/Pedang Totsuka) memotong ketujuh kepala naga dan mengakhiri ritual sesembahan tahunan tersebut. darah yang mengalir dari kematian dewa naga menjadi sebuah telaga/pulau yang saat ini berada di suatu pulau di Jepang. amaterasu mengetahui apa yang sudah dilakukan oleh adiknya susanoo, dia menyuruh menikahi putri petani tersebut. hal ini dilakukan amaterasu untuk menghindarkan dirinya dari hal-hal yang tidak diduga yang akan dilakukan susanoo.
susanoo pun mengikuti usul kakaknya dan menikahi putri tersebut.

Komentar

POPULER

đź’ˇNARASI KADERISASIđź’ˇ (sebuah refleksi komparatif desain kaderisasi struktural dan kultural PMII) Oleh : Filsuf.Proletar

Catatan Kaderisasi

Torehan Sejarah Baru PMII Rayon FTIK IAIN Jember